Cegah Potensi Kebocoran Data saat Berbagi File dengan Solusi Air Gap

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Berbagi file antar komputer secara offline tanpa koneksi internet tidak menjamin terhindar dari kebocoran data. Apakah Anda ingat salah satu adegan saat Tom Cruise bergelantung secara terbalik dari atap bangunan di film Mission Impossible? Jika dilihat secara kasat mata, mengapa Cruise tidak melancarkan serangan siber tetapi malah melakukan adegan bergelantungan terbalik untuk mencuri data penting.

Bukan tanpa alasan, sistem komputer CIA dibekali dengan teknologi air gap sebagai komputer ‘mandiri’ yang tidak terkoneksi dengan jaringan apa pun. Ketika dibutuhkan, Anda harus berada di depan perangkat tersebut–yang umumnya disimpan di satu ruangan khusus dengan tingkat keamanan tinggi.

Kendati solusi keamanan kian canggih dan beragam, nyatanya air gap tetap digunakan hingga menjadi pilihan utama oleh banyak bisnis. Bahkan tak sedikit lembaga dan bisnis yang menjadikan air gap sebagai persyaratan utama untuk mengamankan data sensitif mereka. Cari tahu mengapa air gap saat ini masih menjadi solusi penting hingga pilihan pencegaham utama dari tindak kebocoran data.

 

Apa Itu Air Gap?

Air gap merupakan ukuran keamanan yang memungkinkan komputer, sistem komputer, atau jaringan tidak terkoneksi dengan cara apa pun ke perangkat atau jaringan lain tanpa risiko komporomi atau bencana.

Air gap memastikan isolasi total sistem secara elektromagnetik, elektronik, dan fisik dari jaringan lain, terutama yang tidak aman sehingga tak dapat ditembus oleh aset digital, hacker, virus, orang dalam, bencana alam, hingga ancaman apa pun. Sesuai namanya, air gap merupakan solusi keamanan paling sederhana yang bekerja dengan memutus aset digital dari koneksi jaringan apa pun.

Air gap biasanya diterapkan di lingkungan dengan keamanan tinggi, seperti sektor keuangan, militer, dan utilitas listrik. Tidak menutup kemungkinan keamanan serupa diterapkan pada bisnis dan lembaga pemerintahan.

Jika hacker tidak dapat menembus sistem keamanan, bagaimana dia bisa merusaknya? Malware yang beredar secara online tidak bisa menembus sistem air gap. Hacker pun tidak dapat menembus sistem air gap dan mengendalikannya.

Air gap bekerja dengan melayani dua kasus penggunaan keamanan dasar, termasuk melawan intrusi ke dalam jaringan atau sistem. Kasus kedua dengan melindungi aset digital agat tidak dapat diakses, dimanipulasi, atau dihancurkan.

Baca juga: How EasiShare Drives Internal and Operational Efficiency in Healthcare Industry

 

Kenapa Air Gap Penting untuk Keamanan File?

Penerapan sistem air gap bukan tanpa tantangan, meskipun tidak mudah diatur dan dipertahankan. Berikut sejumlah alasan utama pentingnya sistem air gap untuk mengamankan data sensitif.

– Air gap dapat mencegah kerusakan atau kebocoran data karena fluktuasi daya.

– Mesin terlindungi dari serangan malware apa pun melalui koneksi internet.

– Memberikan keamanan ekstra.

– Cara paling mudah untuk mengamankan file dan informasi penting dari hacker, pencuri, atau mata-mata karena kurangnya koneksi dalam sistem ini.

Perlu diingat, meskipun komputer tidak terkoneksi internet, bukan jaminan aman karena peretas masih bisa melakukan tindak kriminal seperti menginfeksi virus dari perangkat USB atau koneksi Bluetooth.

 

Bagaimana Cara Kerja EasiShare Air gap Architecture?

Air gap yang menggunakan pendekatan dengan mengisolasi offline dari koneksi internet sehingga terproteksi dari serangan siber. EasiShare menghadirkan strategi untuk membantu bisnis mengamankan data penting dari risiko keamanan.

Pada arsitektur air gap, zona ‘sensitif’ terisolasi dari koneksi internet. Untuk terhindar dari potensi pencurian atau kebocoran data, EasiShare mengimplementasikan solusi air gap pada zona ‘sensitif’ dengan cara kerja berikut.

Memastikan Data Sensitif Selalu Terjaga

Dapatkan visibilitas tinggi untuk semua data dan aktivitas penting dengan EasiShare Audit Report. Fitur Monitor akan membantu admin ‘zona sensitif’ mendapatkan peringatan saat terjadi anomali atau perubahan pada data yang tersimpan sehingga dapat mencegah potensi terinfeksi malware

Lingkungan Transfer File Aman

Anda tak perlu lagi menggunakan metode konvensional seperti email dan USB untuk transfer data. EasiShare menghadirkan tiga fitur untuk menjamin keamanan transfer data yakni dengan 2FA otentikasi, kontrol ukuran dan jenis data, dan mode view only yang dilengkapi watermark.

Monitor Data Sensitif yang Keluar

Kelalaian dan kecerobohan manusia merupakan risiko keamanan terbesar terjadinya kebocoran data. Fitur Workflow memungkinakn semua data sensitif yang keluar harus melalui persetujuan pemilik data. Lapisan keamanan ini dapat mencegah potensi kebocoran data.

Deteksi Dini 

Temukan dan halau ancaman internal sebelum terjadi kehilangan data. Terapkan deteksi dini dengan algoritme otomatis untuk menganalisis sistem dan log aplikasi. 

 Enkripsi End-to-End

Pastikan file Anda telah dienkripsi end-to-end untuk meningkatkan keamanan data melalui jaringan dan memastikan hanya pengguna atau penerima berwenang yang memiliki akses ke file tersebut. 

Baca juga: 5 Cara NetApp Membantu Data Perusahaan Terhindar dari Ransomware Attack

 

EasiShare Secure File Sharing for Business

EasiShare sebagai platform aman dan fleksibel memberikan kemudahan bagi bisnis dan lembaga pemerintahan untuk mengelola, berbagi, dan mengatur data penting dan sensitif dalam satu platform. Lindungi data penting bisnis Anda dengan infrastruktur kelas dunia yang aman dan cepat untuk mendapatkan kendali utuh atas data lewat access permissions dan monitor semua aktivitas pengakses data secara detail.

Solusi air gap EasiShare saat ini telah digunakan oleh lebih dari 30 lembaga pemerintahan. EasiShare akan membantu Anda mencegah potensi kebocoran dengan lingkungan transfer data yang aman dan cepat untuk mendukung operasional bisnis.

 

Dapatkan Solusi EasiShare dari MBT

Saatnya berbagi file antar komputer secara aman tanpa khawatir aksi peretasan. Dapatkan solusi file sharing secara aman dengan solusi EasiShare Air Gap Architecture dari Mega Buana Teknologi (MBT).

Tim MBT akan membantu Anda memanfaatkan solusi file sharing EasiShare mulai dari tahap konusltasi, migrasi, implementasi, hingga maintentance. Tim IT profesional dan tersertifikasi MBT akan membantu mengatasi isu teknis dalam waktu 24 jam setiap harinya. Untuk informasi lebih detail, silakan hubungi meilinda@megabuana.id.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best