Wajib Tahu! Begini Cara Efektif Cegah Serangan Siber

Share This Post

Semakin meluasnya konektivitas digital dan perkembangan IT, telah menciptakan lanskap baru yang memungkinkan akses dan pertukaran informasi dengan cepat dan efisien.  

Namun, seiring dengan meluasnya konektivitas digital ini, muncul pula ancaman yang tak terhindarkan, terutama dalam bentuk serangan siber (cyberattack). Serangan siber tidak hanya berpotensi merusak data dan informasi pribadi, tetapi juga dapat menghancurkan aktivitas ekonomi dan bisnis, infrastruktur, dan bahkan stabilitas keamanan nasional suatu negara. 

Oleh karena itu, demi mencegah serangan siber terjadi pada bisnis Anda mari menjelajahi lebih dalam mengenai serangan siber, mengidentifikasi berbagai jenisnya, dan mengeksplorasi strategi pencegahan yang efektif dalam artikel barikut. 

Apa itu Serangan Siber?  

Serangan siber (cyberattack) adalah upaya yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau entitas untuk mengakses, merusak, atau memanipulasi sistem komputer, jaringan, atau data melalui media elektronik.  

Tujuan dari serangan siber bisa beragam, mulai dari pencurian data pribadi atau keuangan, perusakan sistem, hingga gangguan terhadap operasional suatu entitas atau perusahaan.  

Mengapa Serangan Siber Sering Terjadi?

Data statistik dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat bahwa telah terjadi 370,02 juta serangan siber di Indonesia pada 2022. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya (terjadi 266,74 juta serangan siber), jumlah ini meningkat sebesar 38,72 persen. 

Kenaikan jumlah serangan siber ini tidak terlepas dari beberapa faktor misalnya, serangan dilakukan demi keuntungan finansial, pencurian informasi, atau bahkan sabotase. Motivasi finansial biasanya dilakukan hacker dengan mencuri data pribadi guna memperoleh keuntungan materi.  

Selain itu, kerentanan sistem keamanan perangkat software dan hardware menjadi faktor lain. Ketidaksempurnaan sistem keamanan dalam software, hardware dan sistem operasi yang tidak diperbarui secara teratur memberikan celah keamanan bagi hacker untuk melakukan eksploitasi dan penetrasi. 

Terakhir, kurangnya kesadaran akan keamanan dan perlindungan. Beberapa individu dan perusahaan mungkin tidak menyadari ancaman yang ada atau tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk membangun sistem keamanan yang efektif. 

Apa Saja Jenis-Jenis Serangan Siber?  

serangan siber atau cyberattack

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis cyberattack sangat bervariasi, contohnya seperti malware atau ransomware yang berupa virus, phishing yang mencoba memperoleh informasi sensitif, serangan DoS dan DDoS yang bertujuan untuk membuat layanan tidak tersedia, hingga eksploitasi keamanan untuk mendapatkan akses yang tidak sah.  

Berikut ini penjelasan detail mengenai jenis-jenis serangan siber: 

Malware

Program jahat seperti virus, worm, trojan, ransomware, dan spyware yang dirancang untuk mengenkripsi data atau mengunci akses ke sistem komputer atau file perusahaan tanpa izin. 

Phishing

Upaya untuk memperoleh informasi sensitif seperti password dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas tepercaya melalui email, chat, atau website palsu. 

Denial-of-Service (DoS) dan Distributed Denial-of-Service (DDoS)

Serangan yang bertujuan untuk membuat layanan atau sumber daya jaringan tidak tersedia dengan menghancurkan atau membanjiri sistem atau jaringan dengan trafik data. 

Serangan Man-in-the-Middle (MitM)

Penyerang mencuri atau memanipulasi informasi yang dikirim antara dua pihak tanpa pengetahuan mereka. 

Eksploitasi Keamanan

Memanfaatkan kerentanan dalam software atau sistem untuk mendapatkan akses yang tidak sah. 

Serangan terhadap Identitas

Pencurian identitas online atau penggunaan informasi identitas palsu untuk keuntungan pribadi. 

Serangan terhadap Infrastruktur Kritis

Penyerangan terhadap sistem yang kritis untuk keberlanjutan masyarakat, seperti listrik, air bersih, atau sistem transportasi. 

Apa Dampak Serangan Siber pada Bisnis? 

Serangan siber dapat memiliki dampak serius pada bisnis, dan konsekuensinya dapat bervariasi tergantung pada jenis serangan dan sejauh mana sistem keamanan informasi bisnis terpengaruh. 

Berikut beberapa dampak umum dari serangan siber terhadap bisnis termasuk: 

Kehilangan Data Sensitif

Cyberattack dapat menyebabkan pencurian atau penghancuran data bisnis yang sensitif. Hal ini bisa mencakup informasi pelanggan, data keuangan, atau rahasia industri. 

Gangguan Operasional

Serangan ransomware dapat mengenkripsi data dan meminta tebusan untuk mengembalikan akses, yang dapat menghentikan operasional perusahaan. 

Kerugian Finansial

Bisnis dapat mengalami kerugian finansial yang signifikan akibat biaya pemulihan, hilangnya pendapatan selama periode gangguan, atau pembayaran tebusan dalam kasus serangan ransomware. 

Kehilangan Reputasi

Serangan siber dapat menyebabkan kehilangan kepercayaan pelanggan. Hilangnya kepercayaan dapat berdampak pada reputasi bisnis dan menyebabkan penurunan penjualan. 

Pelanggaran Kepatuhan

Banyak bisnis diwajibkan untuk mematuhi regulasi dan standar keamanan tertentu. Serangan siber yang mengakibatkan kebocoran data dapat menyebabkan pelanggaran regulasi dan sanksi hukum. 

Dampak Jangka Panjang

Dampak serangan siber tidak selalu segera terlihat. Beberapa dampak dapat berkembang dan terus dirasakan dalam jangka panjang, terutama jika kepercayaan pelanggan rusak atau ada kerugian data yang signifikan. 

Baca Juga: Ransomware Menggila, Begini Tips Lindungi Aset Digital Anda 

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Siber pada Bisnis?

Pencegahan serangan siber memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan kebijakan keamanan, pemantauan, pelatihan karyawan, dan penggunaan solusi keamanan yang kuat. Dalam konteks ini, EasiShare, Oracle, dan NetApp menyediakan fitur-fitur keamanan yang dapat membantu melindungi data dan sistem Anda.  

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah serangan siber dengan menggunakan solusi ini: 

EasiShare

Easishare adalah platform file sharing yang dirancang sederhana dan sangat aman saat Anda melakukan berbagi file. 

  • Fitur Keamanan EasiShare
     
  1. Perlindungan Anti-virus
    Easishare mengintegrasikan pemindaian anti-virus canggih untuk melindungi file dari ancaman siber.
     
  2. Content Disarm and Reconstruction (CDR)
    CDR melampaui langkah-langkah keamanan tradisional dengan menonaktifkan dan merekonstruksi konten, menjaga integritas file sambil menghilangkan potensi ancaman.
     
  3. Validasi Jenis File yang Sebenarnya
    Memvalidasi jenis file untuk menambah lapisan keamanan ekstra dan mencegah manipulasi.
     
  4. Pemulihan Mudah
    Admin dan Master Recycle Bins Easishare menyediakan cara mudah untuk memulihkan item yang dihapus, memungkinkan manajemen data yang efisien. 

Oracle

Oracle menawarkan solusi database dengan keamanan tingkat tinggi dan fitur yang canggih. 

  • Fitur Keamanan Oracle
  1. Advanced Security Options
    Opsi Keamanan Lanjutan Oracle menyediakan enkripsi, access control, dan fitur keamanan tangguh untuk database.
     
  2. Audit Vault Database Firewall
    Sistem database firewall dari Oracle dapat memantau, mendeteksi, dan mencegah akses tidak sah, memastikan integritas database.
     
  3. RMAN dan Flashback
    Alat pemulihan seperti RMAN dan Flashback memberikan kontrol tak tertandingi atas daya tahan database. 

NetApp

NetApp adalah pelopor solusi data management dengan kemampuan melindungi dan  memberikan pengalaman manajemen data yang tangguh. 

  • Fitur Keamanan NetApp
     
  1. ONTAP FPolicy
    FPolicy memastikan pemblokiran otomatis untuk jenis file berbahaya, menciptakan perisai yang tak tertembus saat hacker berusaha mencuri data.
     
  2. Autonomous Ransomware Protection
    Sistem cerdas NetApp mendeteksi dan merespons anomali sistem file, hingga menghalangi potensi serangan ransomware.
     
  3. Verifikasi Multi Admin
    Menambah lapisan keamanan dengan Verifikasi Multi Admin, mencegah akses tidak sah dan memperkuat data terhadap ancaman internal.
     
  4. Snaplock dan Cloud Secure
    Snaplock menyediakan solusi Write Once Read Many (WORM), sementara Cloud Secure memastikan data tetap aman di cloud. 

Saatnya perkuat pertahanan keamanan siber bisnis Anda dengan mengintegrasikan solusi EasiShare, Oracle, dan NetApp hanya di MBT.

The Armor of Your Data: Solusi Cyber Resiliency untuk Cegah Serangan Siber dari MBT

Perkuat Cyber Resiliency untuk Cegah Serangan Siber

Di MBT, kami memahami pentingnya keamanan data dan operasional bisnis Anda, untuk ini kami bangga memperkenalkan “The Armor of Your Data”, solusi bundling yang dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap serangan siber.  

Paket ini mencakup tiga jenis bundling utama untuk memberikan perlindungan siber secara end-to-end: 

Cutting-Edge Database Management

Oracle Fortified Database Security Suite memberikan opsi keamanan lanjutan untuk database Anda. Dengan mengintegrasikan Oracle Advanced Security dan Audit Vault Database Firewall, Anda dapat menciptakan lapisan keamanan tangguh untuk melindungi data berharga Anda. 

Next-Level Data Collaboration

Easishare Secure Collaboration Hub adalah garis pertahanan pertama Anda untuk kolaborasi yang aman. Dengan mengintegrasikan pemindaian anti-virus, Content Disarm and Reconstruction (CDR), validasi TrueFile Type, Admin serta Master Recycle Bins, dapat mempermudah Anda melakukan pemulihan data tanpa kerumitan. 

Unstoppable Power of our All-In-One Solution

NetApp Comprehensive Data Protection Suite memiliki fitur perlindungan data holistik. Dengan menggabungkan fitur seperti ONTAP FPolicy untuk pemblokiran otomatis jenis file berbahaya, Autonomous Ransomware Protection untuk deteksi ancaman proaktif, Verifikasi Multi Admin untuk kontrol akses, Snaplock untuk solusi WORM, dan Cloud Secure, dapat secara efektif melindungi data Anda di lingkungan cloud. 

Baca Juga: Urgensi Meningkatkan Cyber Resilience Untuk Mencegah Serangan Ransomware 

Layanan Ekstra Saat Anda Gunakan Solusi The Armor of Your Data dari MBT

Instalasi Gratis

Implementasi yang mulus oleh tim profesional kami untuk memastikan pengalaman tanpa kesulitan. 

Pemeliharaan Gratis selama 1 Tahun

Cakupan pemeliharaan menyeluruh untuk menjamin kinerja optimal secara end to end, GRATIS selama setahun. 

Konsultasi Gratis

Konsultasi berkelanjutan dengan oleh tim profesional kami untuk menjawab pertanyaan, memberikan insight, dan mengoptimalkan penggunaan solusi bundle. 

Keamanan End-to-End

Paket lengkap yang mencakup kolaborasi yang aman, keamanan database, dan perlindungan data. 

Efisiensi dan Kinerja 

Efisiensi kinerja di seluruh solusi bundle. 

Manajemen yang Disederhanakan 

Layanan instalasi dan pemeliharaan GRATIS. 

Konsultasi Komprehensif

Konsultasi GRATIS, untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat maksimal dari Paket “The Armor of Your Data”. 

Dengan “The Armor of Your Data”, Anda tidak hanya mendapatkan produk-produk terkemuka, tetapi juga dukungan penuh untuk memastikan perlindungan dan kesiapan terhadap serangan siber di masa depan.  

Jadi tunggu apa lagi, saatnya lindungi bisnis Anda dengan solusi bundling dari MBT yang andal dan inovatif. 

Komitmen MBT Perkuat Keamanan Siber Anda Lewat Solusi Bundling dari EasiShare, Oracle dan NetApp

Sebagai authorized distributor EasiShare, Oracle, dan NetApp, Mega Buana Teknologi (MBT) memiliki teknisi IT specialist berpengalaman dan membantu Anda menghindari trial and error saat menerapkan solusi bundling tersebut. Dukungan IT 24/7 akan membantu Anda mendapatkan layanan komprehensif saat sebelum hingga setelah solusi diimplementasikan.  

Hubungi kami di sini untuk dapatkan info lebih lanjut mengenai sejumlah keunggulan dari solusi bundling dari EasiShare, Oracle, dan NetApp. Mulailah perjalanan meningkatkan keamanan dan cyber resilience sekarang! 

Penulis: Ary Adianto  

Content Writer CTI Group 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best