Proteksi Data dan Manajemen Operasional Cloud dengan Oracle Exadata Cloud@Customer

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fleksibilitas mengakses data hingga kemudahan manajamen bisnis menjadi keunggulan penerapan cloud computing. Oracle menawarkan Exadata Cloud@Customer sebagai solusi paling sederhana untuk memindahkan database bisnis yang sangat penting ke cloud.

Manajamen public cloud dan kemampuan Oracle Autonomous Database memungkinkan bisnis menghilangkan hingga 80% operasional database manual. Tak hanya itu, solusi ini juga membantu bisnis memenuhi persyaratan kedaulatan dan keamanan data.

Pelajari lebih lanjut sejauh mana solusi Oracle Exadata Cloud@Customer mampu melindunig data bisnis Anda dan menyederhanakan manajemen operasional cloud dalam artikel berikut.

 

Apa itu Oracle Exadata Cloud@Customer?

Oracle Exadata Cloud@Customer X9M adalah cara paling sederhana untuk memindahkan database perusahaan yang sangat penting ke cloud. Solusi ini menghadirkan kemampuan kinerja tinggi di balik firewall data center milik customer agar bisnis mampu mendapatkan pengalaman public cloud Exadata memiliki arsitektur yang sama seperti on-premise cloud, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir apabila data bisnis harus keluar dari data center.

Kemunculan Exadata Cloud@Costumer berawal dari visi pendiri Oracle, Larry Ellison yang mengakuisisi Sun Microsystems pada 2010 di tengah geliat migrasi raksasa teknologi yang mulai meninggalkan bisnis hardware. Ellison membayangkan terjadi ledakan volume data dan informasi di seluruh dunia sehingga software dan hardware harus direkayasa untuk memenuhi persyaratan.

Exadata menjadi terobosan arsitektur IT yang menciptakan teknologi tercepat, terskala, dan database machine dengan mengintegrasikan dan mengoptimalkan software database, server, storage, dan network ke dalam sistem yang dibuat khusus.

Exadata X9M merupakan platform terbaik yang dioptimalkan untuk Oracle Database, Cloud@Customer, dan solusi on-premise sehingga pelanggan dapat memilih solusi terbaik sesuai masalah yang dihadapi. Melanjutkan arsitektur scale-out dari platform Exadata, Oracle Exadata X9M dioptimalkan untuk mempercepat aplikasi analitik dan pemrosesan SQL queries tingkat rendah, analitik, dan algoritme machine learning.

Dengan begitu, tim IT dapat melakukan kombinasi OLTP, analitik, machine learning, kapasitas memori, dan workload apa pun untuk diselesaikan lebih cepat dan penggunaan sumber daya lebih sedikit. Selain itu, Exadata X9M juga dapat dikonsolidasikan dengan lebih banyak Oracle Database ke dalam satu sistem Exadata untuk mengurangi biaya dan kompleksitas.

 

Baca juga: 4 Solusi Oracle Fusion Middleware untuk Permudah Kolaborasi Bisnis Anda

 

Kemampuan Utama Oracle Exadata Cloud@Customer?

Oracle menawarkan serangakaian kemampuan pada Exadata Cloud@Customer untuk mendukung optimalisasi operasional bisnis Anda.

Penyederhanaan Cloud Database

Pengguna, pengembang, dan staf IT dapat bekerja dengan lebih efisien karena Oracle database cloud tanpa manajemen infrastruktur.

Jaminan Keamanan

Database Oracle diamankan di balik firewall database untuk memenuhi persyaratan kedaulatan, keamanan, dan tata kelola data.

Manajemen Otomatis

Pelanggan juga dapat memilih untuk mengelola sendiri database atau meminta Oracle Autonomous Database. Infosys mengungkan IDC melaporkan bisnis yang menggunakan Exadata Cloud@Customer mengurani biaya pengelolaan infrstruktur database hingga 69% atau 80% lebih dengan Autonomous Database di Exadata Cloud@Customer.

Kinerja Database

Database cloud pelanggan dapat bekerja lebih cepat dengan tingkat konsolidasi lebih tinggi menggunakan lebih dari 60 kemampuan Oracle Database dan IOPS SQL hingga lebih dari 23x, throughput SQL 18x lebih tinggi, dan latensi 98% lebih rendah dibandingkan Amazon Relational Database Service (RDS) pada AWS Outposts.

Biaya Lebih Rendah per Database vCPU

Exadata Cloud@Customer mampu mengurangi biaya administrasi dengan menghilangkan manajemen sistem hingga 40% lebih sedkit. Penggunaan Autonomous Database pada Exadata Cloud@Customer akan semakin mengurangi biaya dengan menghilangkan tugas administrasi database manual dan meminimalkan biaya dengan penskalaan sumber daya online untuk skema berlangganan per penggunaan.

Solusi Penyimpanan Cerdas

Semua solusi Exadata X9M memanfaatkan server penyimpanan cerdas untuk membongkar queri SQL, analitik, dan algoritme machine learning dari server database untuk meningkatkan kinerja. Server Exadata Cloud@Customer X9M menyediakan kapasitas 28% lebih besar dengan harga yang sama, jika digabungkan dengan kemampuan 12 server dalam konfigurasi apa pun.

 

Mengapa Harus Menggunakan Oracle Exadata Cloud@Customer?

Saat ini tercatat 87% dari Global Fortune 100 dan ribuan perusahaan kecil telah mengandalkan Oracle Exadata Cloud@Customer untuk menjalankan Oracle Database. Selain itu, Exadata Cloud@Customer juga menjadi solusi sangat penting untuk  mengurangi kompleksitas dengan mengonsolidasikan infrastruktur database.

Senior Director Cloud Platform Group, Oracle Indonesia, Rusly Askar mengatakan, saat ini perusahaan tengah berupaya memodernisasi operasional bisnis dan mendorong inovasi.

“Pendekatan pemrosesan data konvensional tidak dapat mengimbangi pertumbuhan volume data dan persyaratan kepatuhan,” jelas Rusly dalam keterangan pers.

Exadata Cloud@Customer memiliki satu platform cloud yang terintegrasi untuk membantu perusahaan mendapatkan wawasan berbasis data.

“Ini membantu menyederhanakan operasional IT, memungkinkan kombinasi OLTP, analitik, machine learning, kapasitas memori, beban kerja campuran apa pun untuk diselesaikan lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit sumber daya,” ucap Rusly menambahkan.

Selain itu, platform terintegrasi Exadata Cloud@Customer juga membantu perusahaan menyediakan layanan mobile yang lebih mudah bagi pengguna. Bisnis juga mendapatkan efisiens dan kecepatan sistem yang lebih tinggi untuk mengumpulkan dan menganalisis data sehingga dapat mengurangi waktu tunggu pelayanan terhadap customer.

 

Baca juga: 3 Solusi Replikasi Database untuk Cegah Kehilangan Data Bisnis

 

Oracle Exadata Cloud@Customer, Jawaban untuk Proteksi Data

Oracle Exadata Cloud@Customer merupakan peningkatan signifikan untuk perlindungan database yang lebih canggih. Oracle menghadirkan solusi yang belum pernah ada sebelumnya dari jajaran produk manajemen data sebagai solusi Zero Data Loss Recovery Appliance X9M (Recovery Appliance X9M).

Peningkatan tersebut mencakup penambahan kapasitas backup, kemampuan untuk melakukan backup dan recovery dari mana saja, dan inovasi keamanan siber untuk mencegah ancaman online termasuk serangan malware dan ransomware. Exadata Cloud@Customer memungkinkan customer melindungi lebih banyak database dengan periode penyimpanan leih lama dan biaya yang lebih sedikit.

 

Dapatkan Solusi Exadata Cloud@Customer dari Oracle di MBT

Proteksi data dan sederhanakan manajemen operasional cloud bisnis Anda dengan solusi Exadata Cloud@Customer dari Oracle di Mega Buana Teknologi (MBT). Lindungi data sensitif dari segala bentuk gangguan dan serangan dengan menerapkan praktik terbaik Oracle Maximum Availability Architecture (MAA) ke dalam Recovery Appliance tanpa harus meningkatkan sumber daya IT intenal Anda.

MBT akan membantu bisnis Anda memproteksi data dan menyederhanakan operasional cloud mulai dari tahap konsultasi, implementasi, hingga maintenance. Tim IT profesional dan tersertifikasi MBT akan membantu mengatasi setiap isu teknis yang Anda hadapi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@megabuana.id.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best