Mengenal Apa itu NDR; Cara Kerja, Fungsi, serta Manfaatnya Bagi Keamanan Jaringan Perusahaan

Share This Post

Keamanan jaringan menjadi salah satu prioritas utama bagi setiap perusahaan. Dengan ancaman keamanan yang semakin kompleks dan canggih, perlindungan infrastruktur IT tidak lagi cukup hanya mengandalkan solusi keamanan tradisional seperti firewall atau antivirus. Inilah mengapa Network Detection and Response (NDR) menjadi semakin penting dalam pertahanan keamanan jaringan modern.  

NDR memberikan kemampuan untuk mendeteksi, menganalisis, dan merespons ancaman keamanan dengan lebih efektif, memungkinkan perusahaan untuk menghadapi tantangan keamanan dengan lebih siap dan responsif. 

Artikel ini akan menjelaskan mengapa NDR menjadi elemen krusial dalam strategi keamanan jaringan, bagaimana NDR bekerja, serta manfaat yang dapat diperoleh oleh perusahaan dengan mengimplementasikan solusi NDR. 

Apa Itu NDR?

Network Detection and Response (NDR) adalah solusi keamanan siber yang mendeteksi aktivitas berbahaya melalui analisis traffic jaringan. NDR tidak dapat mencegah aktivitas kejahatan siber, tetapi menghentikan serangan yang sedang berlangsung sebelum berdampak signifikan bagi perusahaan.  

Solusi NDR mengandalkan jaringan atau virtual tap untuk menganalisis traffic pada lingkungan on-premises dan cloud. Sebagai solusi keamanan jaringan, NDR menganalisis aktivitas berbahaya pada traffic jaringan dengan mendeteksi, menginvestigasi, dan merespons berbagai ancaman yang lebih canggih.  

Secara pasif NDR menangkap komunikasi jaringan dan menerapkan teknik canggih melalui analisis perilaku dan Machine Learning untuk mengetahui berbagai pola serangan. Data yang dihasilkan dari proses identifikasi pola serangan akan digunakan untuk menginvestigasi aktivitas post-compromise secara real-time untuk menyelidiki insiden dan mengidentifikasi ancaman tersembungi di dalam jaringan yang terenkripsi. 

Bagaimana Cara Kerja NDR?

Bagaimana Cara Kerja NDR

 

 

 

 

 

 

 

 

Network Detection and Response (NDR) bekerja dengan memantau dan menganalisis traffic jaringan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau abnormal yang dapat menunjukkan adanya ancaman keamanan. Berikut adalah cara kerja umum dari NDR: 

Pemantauan Trafik Jaringan

NDR memantau traffic jaringan secara kontinu, baik dari internal maupun eksternal jaringan organisasi, untuk mengidentifikasi pola dan aktivitas yang mencurigakan. 

Pengumpulan Data

NDR mengumpulkan data dari berbagai sumber di jaringan, termasuk data paket, log, dan metadata, untuk analisis lebih lanjut. 

Analisis Anomali

Menggunakan algoritma dan analisis perilaku untuk membandingkan pola dan aktivitas jaringan saat ini dengan profil perilaku yang normal. Ini membantu dalam mendeteksi aktivitas yang tidak biasa atau mencurigakan. 

Deteksi Ancaman

Setelah mendeteksi anomali atau aktivitas yang mencurigakan, NDR menganalisis data lebih lanjut untuk mengidentifikasi jenis dan sumber ancaman yang mungkin, seperti malware, serangan phishing, atau aktivitas mencurigakan lainnya. 

Pemberian Alert

Jika NDR mendeteksi ancaman atau aktivitas yang mencurigakan, sistem akan menghasilkan alert atau pemberitahuan kepada tim keamanan untuk tindakan lebih lanjut. 

Respon dan Mitigasi

Berdasarkan analisis dan alert yang diterima, tim keamanan dapat mengambil tindakan untuk menangani dan memitigasi ancaman, seperti isolasi sumber ancaman, memblokir alamat IP berbahaya, atau menghentikan aktivitas berbahaya. 

Pelaporan dan Analisis Lanjutan 

NDR juga menyediakan laporan dan analisis mendalam tentang ancaman yang terdeteksi, termasuk informasi tentang sifat, sumber, dan dampak potensial dari insiden keamanan. 

Dengan cara kerja ini, NDR membantu organisasi untuk secara proaktif mendeteksi, menganalisis, dan merespons ancaman keamanan dalam jaringan mereka, sehingga meningkatkan kemampuan mereka dalam menjaga keamanan dan integritas infrastruktur IT dan jaringan mereka. 

Mengapa NDR Penting?

Network Detection and Response (NDR) memiliki peran krusial dalam ekosistem keamanan jaringan modern karena kemampuannya untuk mendeteksi dan merespons ancaman keamanan secara cepat dan efektif.  

Pertama, NDR memungkinkan perusahaan untuk mendeteksi ancaman yang mungkin tidak terdeteksi oleh solusi keamanan lainnya. Dengan memantau trafik jaringan secara kontinu dan menganalisis perilaku yang tidak biasa, NDR dapat mengidentifikasi serangan yang mungkin terlewatkan oleh solusi keamanan tradisional, seperti firewall atau antivirus. 

Kedua, NDR membantu dalam mengefektifkan respons terhadap ancaman keamanan. Dengan memberikan pemberitahuan dan alert secara cepat kepada tim keamanan setelah mendeteksi aktivitas mencurigakan, NDR memungkinkan respons yang lebih cepat dan lebih tepat waktu terhadap ancaman.  

Terakhir, NDR membantu perusahaan untuk meningkatkan visibilitas dan pemahaman mereka tentang ancaman keamanan yang mengintai di jaringan mereka. Dengan menyediakan laporan dan analisis mendalam tentang ancaman yang terdeteksi, NDR memungkinkan perusahaan untuk memahami sifat, sumber, dan dampak potensial dari insiden keamanan.  

Apa Keuntungan Menggunakan NDR?

Apa Keuntungan Menggunakan NDR

 

 

 

 

 

 

 

Keuntungan utama dari implementasi NDR bagi perusahan meliputi: 

Deteksi

Cepat mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan atau anormal di dalam jaringan, seperti malware, serangan phishing, atau aktivitas aneh yang dapat menandakan insiden keamanan. 

Analisis

Dapat menganalisis data trafik jaringan untuk memahami sifat dan sumber ancaman, termasuk jenis serangan, metode yang digunakan, dan potensi dampaknya. 

Respons

Memberikan respons cepat terhadap ancaman yang terdeteksi, termasuk isolasi sumber ancaman, menghentikan aktivitas berbahaya, dan mengurangi dampak potensial dari insiden keamanan.  

NDR berfungsi sebagai alat yang penting dalam strategi keamanan jaringan modern untuk membantu organisasi mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons ancaman keamanan dengan lebih efektif dan efisien. 

Dalam membantu meningkatkan kualitas keamanan jaringan perusahaan Anda, solusi NDR dari Stellar Cyber hadir sebagai tools canggih yang dapat meningkatkan keamanan jaringan modern untuk membantu perusahaan mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons ancaman keamanan dengan lebih efektif dan efisien. 

Solusi NDR dari Stellar Cyber

Stellar Cyber NDR adalah solusi keamanan siber yang canggih dan otomatis yang dirancang untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan merespons ancaman keamanan dalam jaringan secara efisien. Dengan menggunakan kombinasi teknologi canggih seperti ML, heuristik, dan attack signature analysis, Stellar Cyber NDR dapat memberikan visibilitas komprehensif terhadap ancaman di berbagai lingkungan jaringan, termasuk di on-premises, di cloud, dan lokasi jaringan lainnya. 

Selain itu, berikut adalah beberapa keunggulan Stellar Cyber NDR, seperti: 

  • Secara otomatis mengidentifikasi potensi ancaman berdasarkan analisis data telemetri jaringan dan log dari berbagai sumber 
  • Memungkinkan pengumpulan data dari berbagai sumber, termasuk hardware di on-premises, di cloud, dan lokasi jaringan lainnya, dengan integrasi pihak ketiga dan sensor Stellar Cyber 
  • Menggunakan analisis metadata dari paket mentah, log dari NGFW dan IDS, serta data Sysmon dari Windows, Netflow, dan IPFix untuk memberikan visibilitas yang luas terhadap ancaman potensial 
  • Mempercepat proses penelusuran ancaman dan analisis forensik 
  • Kemampuan untuk memulai tindakan respons preskriptif yang disesuaikan dengan ancaman tertentu serta membangun playbooks otomatis untuk respons ancaman 
  • Menawarkan opsi deployment yang fleksibel di on-premises, di cloud, atau kombinasi keduanya, dengan sensor khusus untuk pengumpulan data, analisis, dan respons di edge 

Mengapa Perusahaan Anda Harus Implementasikan Stellar Cyber NDR

Mengapa Perusahaan Anda Harus Implementasikan Stellar Cyber NDR?

 

 

 

 

 

 

 

 

Stellar Cyber NDR dirancang untuk perusahaan yang memerlukan solusi keamanan yang otomatis, efisien, dan dapat diandalkan untuk meningkatkan postur keamanan mereka tanpa memerlukan peningkatan karyawan atau sumber daya yang signifikan.  

Selain itu, dengan platform Stellar Cyber Open XDR, Stellar Cyber NDR juga memberikan integrasi yang mudah dengan alat keamanan lainnya, memaksimalkan investasi keamanan keseluruhan dan memberikan ROI yang lebih tinggi. 

Dapatkan NDR dari Stellar Cyber Hanya di MBT 

Sebagai authorized distributor Stellar Cyber, Mega Buana Teknologi (MBT) memiliki teknisi IT specialist berpengalaman dan membantu Anda menghindari trial and error saat menerapkan solusi NDR. Dukungan IT 24/7 akan membantu Anda mendapatkan layanan komprehensif saat sebelum hingga setelah solusi diimplementasikan.  

Hubungi kami di sini untuk dapatkan info lebih lanjut mengenai sejumlah keunggulan dari solusi Stellar Cyber NDR Mulailah perjalanan meningkatkan keamanan jaringan perusahaan Anda sekarang! 

Penulis: Ary Adianto 

Content Writer CTI Group 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best