Cek 7 Keunggulan SIEM Agar Bisnis Aman dari Serangan Siber

Share This Post

Apakah Anda tahu apa itu SIEM dan mengapa penting untuk bisnis Anda? SIEM, atau Security Information and Event Management, kini menjadi pendekatan krusial dalam melengkapi strategi keamanan untuk menangkal potensi serangan siber dan mendeteksi anomali di aplikasi atau layanan bisnis.  

Dalam menghadapi beragamnya serangan siber, kebutuhan untuk memperketat sistem keamanan bisnis menjadi mendesak. SIEM memegang peran inti dalam melindungi bisnis dengan mendeteksi ancaman, memastikan kepatuhan, dan mengelola masalah terkait keamanan siber di lingkungan online. 

Dalam artikel ini akan membahas secara mendalam tentang  SIEM dan manfaatnya bagi bisnis. Temukan wawasan lengkapnya untuk memahami peran penting SIEM dalam menjaga sistem keamanan bisnis di era digital ini. 

Pengertian SIEM

Pengertian SIEM

 

 

 

 

 

 

 

 

Security Information and Event Management (SIEM) adalah platform yang mendukung perusahaan dalam mengumpulkan, menganalisis, dan merespons insiden keamanan siber. SIEM memadukan dua fungsi utama dari Security Information Management (SIM) untuk mengumpulkan dan menyimpan log keamanan dari berbagai perangkat serta aplikasi di seluruh jaringan, dan Security Event Management (SEM) untuk memantau jaringan secara real-time guna mendeteksi aktivitas mencurigakan. 

Hasil monitoring SIEM umumnya berupa laporan atau notifikasi khusus. Tools SIEM mengumpulkan dan melaporkan berbagai insiden berbahaya, seperti upaya login yang tidak normal. Fitur notifikasi SIEM berperan saat tools mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan. 

SIEM bukan hanya memberikan informasi terkait potensi kejahatan siber, tetapi juga dilengkapi dengan mekanisme otomatis untuk merespons ancaman. Lebih dari itu, SIEM memiliki kemampuan untuk menghentikan serangan dengan memutus host secara otomatis, bertujuan untuk meminimalisir dampak serangan.  

Bagaimana Cara Kerja SIEM?

SIEM beroperasi dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber di seluruh jaringan organisasi, termasuk: 

  • Perangkat Keamanan: Firewall, antivirus, dan IDS 
  • Perangkat Jaringan: Switches, wireless access point, dan router 
  • Server: Mail, proxy, file transfer protocol, dan web 
  • Aplikasi 
  • Perangkat Internet of Things (IoT) 

Log dari perangkat atau aplikasi keamanan ditampilkan dalam bentuk SYSLOG, termasuk proses maintenance. Setiap peringatan keamanan pada perangkat menghasilkan log, juga ketika seluruh aplikasi mengalami sejumlah kejadian, log secara otomatis dikirimkan terpusat ke SIEM. 

SIEM selanjutnya menganalisis data ini untuk mencari pola dan anomali yang dapat mengindikasikan adanya serangan siber. Jika SIEM mendeteksi aktivitas mencurigakan, tim keamanan organisasi akan menerima peringatan secara cepat dan tepat waktu untuk merespons ancaman tersebut. Dengan demikian, SIEM tidak hanya mengumpulkan data, tetapi juga berfungsi sebagai alat efektif dalam menghadapi dan merespons ancaman keamanan siber. 

7 Manfaat Penggunaan SIEM Bagi Bisnis

Penggunaan solusi keamanan siber SIEM memberikan berbagai manfaat bagi bisnis, antara lain. 

1. Pengenalan Ancaman Secara Real-Time  

SIEM menyajikan pengenalan ancaman secara real-time dengan otomatisasi tingkat lanjut, mengurangi penggunaan sumber daya internal dan memenuhi standar pelaporan kepatuhan. 

2. Otomatisasi dengan AI

Terintegrasi dengan sistem orkestrasi, otomatisasi, dan respons keamanan (SOAR) yang tangguh, SIEM menghemat waktu dan sumber daya tim IT dalam mengelola keamanan bisnis. 

3. Peningkatan Efisiensi Organisasi

Dashboard terpusat memberikan tampilan terpadu untuk data sistem, peringatan, dan pemberitahuan, memungkinkan komunikasi dan kolaborasi efisien saat merespons ancaman dan insiden keamanan. 

4. Deteksi Ancaman Tingkat Lanjut

Dengan memanfaatkan intelijen ancaman terintegrasi dan teknologi AI, SIEM membantu tim keamanan merespons lebih efektif terhadap berbagai serangan siber. 

5. Melakukan Investigasi Forensik

SIEM memungkinkan pengumpulan dan analisis data log yang efisien dari semua aset digital di satu tempat, memungkinkan analisis insiden untuk menyelidiki aktivitas mencurigakan dan menerapkan proses keamanan yang lebih efektif. 

6. Nilai dan Laporkan Kepatuhan

Dengan audit real-time dan pelaporan kepatuhan, SIEM mengurangi pengeluaran sumber daya yang diperlukan untuk proses audit. 

7. Memantau Pengguna dan Aplikasi 

SIEM melacak semua aktivitas jaringan di seluruh pengguna, perangkat, dan aplikasi, meningkatkan transparansi infrastruktur, dan mendeteksi ancaman di mana pun aset dan layanan digital diakses. 

Evolusi ke Next Generation SIEM: Apa Perbedaannya

Next Gen SIEM

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, SIEM adalah solusi keamanan siber yang mengumpulkan, menganalisis, dan mengorelasikan data keamanan dari berbagai sumber. Namun, SIEM generasi awal dan kedua mengalami keterbatasan yang signifikan, seperti pencarian dan analisis yang terbatas, ketidakcocokan untuk lingkungan cloud, hingga keterbatasan dalam deteksi ancaman, investigasi, dan respon. 

Untuk mengatasi kekurangan dari SIEM tradisional, Next-Gen SIEM hadir sebagai platform SaaS cloudnative yang dirancang khusus untuk lingkungan terdistribusi, hybrid, dan multi-cloud. Dengan kemampuan analitik yang lebih canggih, integrasi cloud, dan fitur otomatis, Next-Gen SIEM mengatasi keterbatasan SIEM lama dan membantu bisnis mempertahankan postur keamanan yang lebih solid. Keunggulannya mencakup: 

  • Menerima Data Telemetry Lebih Luas 

Melibatkan data dari berbagai sumber seperti aplikasi, endpoint, jaringan, cloud, dan threat intelligence. 

  • Analitik Terpadu 

Menggunakan Machine Learning dan AI yang terlatih untuk deteksi akurat. 

  • Konteks Serangan 

Mengumpulkan informasi terkait untuk memprioritaskan dan memvalidasi serangan, mempermudah proses investigasi. 

  • Respon Dinamis 

Menyediakan kemampuan respons yang cepat dan tepat untuk remediasi, meningkatkan efektivitas penanganan keamanan. 

Stellar Cyber Next Gen SIEM Platform: Solusi Keamanan Siber Terdepan 

Stellar Cyber Next Gen SIEM Platform adalah solusi keamanan terintegrasi bagi bisnis yang ingin meningkatkan postur keamanan dan mengurangi risiko serangan siber. Platform ini mengkonsolidasikan berbagai tools keamanan, seperti NDR, UEBA, Sandbox, dan TIP ke dalam satu platform, membuatnya lebih mudah dan efisien untuk mengelola serta menganalisis data keamanan. 

Dengan menggabungkan berbagai tools keamanan ke dalam satu platform, Stellar Cyber Next Gen SIEM menawarkan empat keunggulan utama. 

1. Otomatisasi

Otomatiskan berbagai tugas keamanan, termasuk deteksi ancaman, investigasi, dan respons insiden. Otomatisasi ini membantu tim keamanan untuk bekerja lebih cepat dan efisien. 

2. Aksesibilitas

Memenuhi persyaratan keamanan dan kepatuhan tanpa memerlukan sumber daya tambahan, sehingga dapat diakses oleh semua orang. 

3. Deteksi Akurat

Identifikasi ancaman dengan akurasi tinggi tanpa perlu membuat aturan korelasi secara manual. Hal ini meningkatkan Mean Time to Detect (MTTD), Mean Time to Remediate (MTTR), dan efisiensi keseluruhan. 

4. ROI Tinggi  

Dengan menerapkan NextGen SIEM, bisnis mendapatkan manfaat dari seluruh platform Open XDR, meningkatkan ROI dari investasi keamanan mereka. 

5 Fitur Stellar Cyber Next Gen SIEM Platform

Stellar Cyber Next Gen SIEM Platform menawarkan berbagai fitur kuat untuk membantu bisnis mendeteksi, menyelidiki, dan merespon ancaman secara efisien dan efektif. Platform ini dilengkapi dengan kemampuan pengumpulan data yang fleksibel, deteksi ancaman canggih, dan respon insiden otomatis, memberikan solusi keamanan siber yang komprehensif. Berikut adalah lima fitur unggulannya. 

1. Sumber Data Tidak Terbatas

Integrasi dan simpan data dari kontrol keamanan, IT, serta tools produktivitas tanpa batasan, melalui penggunaan integrasi bawaan. Ini memudahkan pengumpulan data dari seluruh infrastruktur dan memberikan gambaran lengkap tentang aktivitas keamanan. 

2. Pengumpulan Data Berbasis Sensor

Sensor khusus Stellar Cyber mampu mengumpulkan data telemetry jaringan dan log mentah untuk mengidentifikasi ancaman tambahan yang mungkin tidak terdeteksi oleh perangkat keamanan yang sudah ada. 

3. Normalisasi dan Pengayaan Data 

Data dari berbagai sumber secara otomatis dinormalisasi dan diperkaya dengan konteks seperti threat intelligence, informasi pengguna, informasi aset, dan lokasi. Hal ini memungkinkan analisis data yang komprehensif dan skalabel. 

4. Hunting Ancaman Otomatis

Analis keamanan dapat menggunakan format kueri yang mudah dipahami untuk membuat pencarian ancaman khusus yang dapat dijalankan ad-hoc atau sesuai jadwal. 

5. Mesin Deteksi Ancaman Tingkat Lanjut

Identifikasi ancaman kompleks menggunakan kombinasi supervised dan unsupervised Machine Learning, serta pencarian ancaman otomatis untuk memberikan pandangan ancaman yang paling komprehensif. 

Baca Juga: Mengulik Tantangan Security Operations Dan Solusi Terbaiknya 

Implementasikan Solusi NG SIEM dari Stellar Cyber Bersama MBT

Jangan biarkan bisnis Anda menjadi target serangan siber. Cegah dengan solusi inovatif untuk memastikan keamanan sistem dan data bisnis Anda, dan pilih Stellar Cyber Next Gen SIEM Platform hanya di Mega Buana Teknologi (MBT). 

Sebagai authorized distributor Stellar Cyber, MBT memiliki teknisi IT berpengalaman dan bersertifikat yang siap membantu Anda menghindari trial and error saat menerapkan solusi Stellar Cyber Next Gen SIEM Platform. Dukungan IT 24/7 memastikan Anda mendapatkan layanan komprehensif sebelum dan setelah implementasi solusi. Hubungi kami melalui tautan berikut untuk meningkatkan keamanan bisnis Anda dengan Stellar Cyber Next Gen SIEM Platform. 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri  

Content Writer CTI Group  

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best