4 Tahun Berturut-turut, NetApp Sokong Data Fabric Ducati di Ajang MotoGP

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

NetApp dan Ducati kembali melanjutkan kolaborasi yang terjalin selama empat tahun berturut-turut untuk mempercepat akselerasi inovasi di ajang balap MotoGP 2021. NetApp akan membantu divisi Ducati Corse memanfaatkan potensi data untuk motor dua pembalap Ducati musim ini, Jack Miller dan Fransesco Bagnaia.

Berkaca pada kesuksesan musim 2020, NetApp berhasil menyokong kesuksesan lima pembalap mengantongi poin memuaskan. Kesuksesan itu sekaligus membawa Ducati mengantongi gelar Constructor’s World Championship.

General Manager Ducati Corse, Luigi Dall’Igna mengatakan kesuksesan kelima pembalap mereka di musim balap 2020 tak terlepas dari campur tangan pengelolaan data NetApp. Ia juga mengatakan, berkat data yang dipasok NetApp, tim Ducati memahami banyak poin penting yang membantu bersaing dan memenangkan gelar konstruktor dunia.

“Berkat NetApp, pada tahun 2020 kami dapat mengumpulkan dan bekerja dengan data baru dalam kondisi balapan yang benar-benar baru dan menyiapkan motor berkinerja lebih tinggi dan lebih inovatif. Melalui data, kami dapat memahami banyak poin penting yang membantu kami bersaing dan mengeksplorasi banyak solusi menarik selama proses pengembangan dan pengujian,” kata Dall’Igna.

Senada dengan itu, Presiden NetApp, Cesar Cernuda mengatakan pihaknya melihat evolusi luar biasa melalui digitalisasi di seluruh industri otomotif. Cernuda mengaku senang pihaknya kembali menjadi bagian dari evolusi tersebut.

“Kami senang menjadi bagian dari perjalan ini, mendukung Ducati untuk menghadirkan pengalaman yang lebih aman, menyenangkan, dan berkinerja tinggi kepada pelanggan dan pengendaranya, sambil berkontribusi pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan,” ucap Cernuda.

Solusi Data Fabric Pada Simulasi HPC Ducati

NetApp selama ini membantu Ducati memberikan inovasi lewat berbagai proyek digital, salah satunya pada pengelolaan data pada simulasi High-Performance Computing Cluster (HPC) untuk aerodinamis sepeda motor. Tak hanya itu, kolaborasi keduanya juga dilakukan lewat pengembangan sepeda motor, termasuk pengembangan penyimpanan distributed data untuk backend aplikasi Ducati Link.

Engineer NetApp HCI dari NetApp bersama tim Ducati membangun struktur data yang dihasilkan oleh lebih dari 60 sensor fisik yang terpasang di sepeda motor. Pemrosesan telemetri langsung di arena balap secara real time. Tak hanya itu, NetApp HCI juga memungkinkan tim Ducati memanfaatkan fitur NetApp ONTAP untuk meningkatkan strategi manajemen data pabrikan, termasuk, aspek security dan snapshot.

HCI akan menghantarkan seluruh kekuatan data center ke tim Ducati MotoGP yang berada di arena balap. Maka keputusan data driven bisa cepat diambil demi menghasilkan strategi kemenangan bagi tim balap melalui infrastruktur hybrid cloud yang kuat.

Chief Technology Officer Ducati Motor Holdings, Konstantin Kostenarov mengatakan bahwa timnya akan sepenuhnya memanfaatkan data fabric sebagai bagian dari masa depan tunggangan yang dikembangkannya.

“Kami dapat memanfaatkan data fabric dan kami sepenuhnya memahami bahwa masa depan akan berada di hybrid cloud, karena kami akan menghadapi tantangan baru dengan produk yang perlu semakin terhubung,” ucap Kostenarov.

Untuk kebutuhan penyimpanan serta mengkonsolidasikan berbagai beban kerja dengan lebih dari 200 aplikasi dan lebih dari 300 TB data Ducati menggunakan solusi NetApp AFF. Pilihan ini membuat semua aset data tersedia dalam satu sistem terpadu.

Pabrikan asal Italia ini mengatakan solusi NetApp High-Performance Computing dan migrasi data ke hybrid cloud telah membantu Ducati mengurangi waktu pengembangan prototipe. Selain itu, solusi ini juga membantu Ducati membawa sepeda motor model baru ke pasar sebesar 30%.

Dapatkan Solusi NetApp dari MBT

Saatnya ciptakan lingkungan IT terintegrasi dengan solusi data fabric dari NetApp. Sebagai distributor NetApp, Mega Buana Teknologi (MBT) akan memberikan solusi keamanan aplikasi dan IT yang optimal bagi bisnis di Indonesia. MBT memiliki teknisi IT profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda mengimplementasikan data fabric, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi NetApp dari MBT sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di marketing@megabuana.id.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best