4 Solusi Oracle Fusion Middleware untuk Permudah Kolaborasi Bisnis Anda

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Author – Fahrizal Bimantara Putra, Oracle Engineer Mega Buana Teknologi

Kolaborasi antar departemen dalam satu bisnis atau kerja sama di antara beberapa sektor bisnis untuk meningkatkan produk atau inovasi tentu bukan hal baru. Namun, untuk memudahkan hal itu dibutuhkan sistem yang saling terintegrasi demi memudahkan proses kolaborasi.

Middleware menjadi salah satu cara untuk memudahkan proses kolaborasi. Secara ringkas, middleware merupakan software untuk menghubungkan beberapa proses pada satu atau banyak sistem agar bisa saling berinteraksi dalam suatu jaringan atau berjalan pada platform yang berbeda.

Middleware dapat berupa aplikasi tunggal atau keseluruhan server yang dapat mendukung program aplikasi lain. Keberadaan middleware memegang peranan penting pada satu bisnis karena data yang sama bisa digunakan oleh semua departemen yang membutuhkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian.

 

Mengapa Harus Menggunakan Middleware?

Middleware dapat berfungsi sebagai penerjemah informasi sehingga setiap aplikasi mendapatkan format data yang dapat diproses. Keberadaan middleware dapat menghubungkan beberapa proses pada satu atau lebih mesin agar bisa saling berinteraksi di suatu jaringan.

Aplikasi middleware memegang peranan penting agar dapat dapat digunakan oleh beberapa departemen sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, data customer yang harus dapat dibaca dan diolah oleh bagian customer service dan akuntansi. Untuk keperluan pengembangan sistem, data yang sama juga dapat dibaca oleh oleh bagian manajemen dan developer. Hal ini kian terasa ketika suatu sistem bercabang, semakin besar, dan variatif.

Dalam hal ini, middleware memegang peranan penting agar data yang sama dapat digunakan oleh berbagai bagian sehingga bisa diproses dan dioleh sebagai informasi sesuai dengan keperluan masing-masing bagian.

 

Manfaat Middleware untuk Bisnis Anda

Berikut tiga manfaat middleware untuk bisnis Anda:

  • Dapat dijalankan pada dua platform atau aplikasi secara bersamaan
  • Dapat melakukan komunikasi pada aplikasi yang berjalan di platform berbeda
  • Adanya transaparansi di seluruh jaringan sehingga dapat menyediakan interaksi dengan layanan atau aplikasi lain

 

Permudah Integrasi Sistem Bisnis dengan Oracle Fusion Middleware

Oracle menawarkan solusi untuk memudahkan integrasi dan kolaborasi Fusion Middleware yang bernilai, low cost, dan memberikan keuntungan kompetitif. Solusi ini dapat diimplementasikan untuk bisnis di sektor publik, ritel, finansial, farmasi, manufaktur, telekomunikasi, layanan kesehatan, dan transportasi pada jajaran produk yang pluggable dan arsitektur teirntegrasi dalam lingkungan Oracle dan non-Oracle.

Oracle Fusion Middleware telah mengantongi standard-based software dari JAVA EE. Solusi ini dilengkapi sejumlah tools dan services antara lain development tools, integration service, management, business intelligence, dan collaboration untuk kemudahan proses development, deployment, dan management agar meningkatkan kualitas aplikasi management Anda.

 

4 Fitur Terbaik Oracle Fusion Middleware

Development Tools

Development dilakukan secara terintegrasi untuk membangun aplikasi secara keseluruhan. Tampilan user interface yang memudahkan pengguna untuk membangun business logic, business workflow, business rules, dan business intelligence. Desain yang simple juga telah dilengkapi Oracle Jdeveloper dan Oracle Application Development Framework.

Application Tools

Standar JAVA EE application server yang dikantongi Oracle menjadi tolak ukur untuk menjalankan aplikasi berbasis enterprise dan menyediakan web service infrastructure untuk berinteraksi dengan aplikasi lain.

Web Server

Permintaan HTTPS atau HTTP dari klien (atau dikenal dengan web browser seperti Chrome, Firefox, Safari, dan Edge) akan diterima oleh web server. Pada tahap selanjutnya web server akan mengirimkan respons atas permintaan kepada client dalam bentuk halaman web yang umumnya berupa html dan mengarahkan request ke server aplikasi untuk proses lebih lanjut.

Enterprise Management

Software operation dan administration pada Oracle Fusion Middleware telah terintegrasi dengan Oracle Enterprise Manager untuk sistem management. Software  ini juga terintegrasi dengan Fusion Middleware Control, Oracle Weblogic Server Administration Console, dan Oracle Weblogic Scripting Tool.

 

Dapatkan Solusi Oracle dari MBT

Saatnya tingkatkan kolaborasi bisnis lewat sistem yang terintegrasi dari Oracle. Sebagai distributor Oracle, Mega Buana Teknologi (MBT) akan memberikan solusi keamanan apliasi dan IT secara optimal bagi bisnis di Indonesia. MBT memiliki teknisi IT profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda mengimplementasikan middleware, mulai dari tahap konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi Oracle dari MBT sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di support@megabuana.id.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best